Urang Garut Teh
Urang Sunda

Irvan Faza mau mencoba membaca karakteristik orang Sunda Khususnya Masyarakat Garut nih (udah kayak magician di tv yaa) hehe…simak yuk apakah benar seperti ini karakter masyarakat  ASGAR?
Meskipun hal-hal berikut ini tidak mutlak mencerminkan sifat, karakter dan kebiasaan orang sunda khususnya masyarakat Garut secara keseluruhan, namun ya beginilah realitanya, mayoritas masyarakat Sunda pasti memiliki 50% dari fakta yang Irvan Faza paparkan ini

Ramah, Sopan dan Pastinya Murah Senyum
Pada umumnya orang sunda itu ramah, sopan dan murah senyum kepada siapa saja, meskipun kadang pada orang yang belum dikenalnya.
Dalam diri orang sunda ada filosopi “Soméah Hade ka Sémah” yang artinya ramah, bersikap baik, menjaga, menjamu dan membahagiakan setiap tamunya atau setiap orang.
Budaya dalam masyarakat sunda sangat menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan kesopanan, itulah kenapa orang sunda dikenal murah hati dan baik terhadap sesama apalagi terhadap orang yang lebih tua ataupun belum dikenal. Irvan Faza juga ramah loh karena Irvan Faza ASGAR

Lucu dan Humoris Pisan

Selera humor orang sunda itu tinggi, kadang mereka dapat membuat kamu tertawa meski dalam situasi serius sekalipun.
Selain itu, banyak sekali banyolan-banyolan atau bodoran dalam bahasa Sunda. Seperti Bodoran wayang golek, cangehgar, lawakan kang Ibing, Dongeng-dongeng sunda, Si Ijem, Ceramah Jujun, Lawakan Ohang yang dapat membuat hidup orang sunda penuh dengan senyum. Jangan salah, saya pun ketika sedang berkumpul dengan keluarga,masyarakat Garut,dan teman-teman saya. Irvan Faza sering sekali melontarkan guyonan-guyonan yang membuat orang-orang tertawa. Dan saya memiliki kepuasan tersendiri  jika oranglain bisa tertawa lepas karena saya.




 Gak Bisa Membedakan Huruf F dan P


Orang sunda dikenal susah membedakan atau ngomong huruf F dan P (meskipun tidak semuanya), Ketika menyebut Fitnah mereka malah menyebut Pitnah.
Sebetulnya ada penjelasan ilmiah mengapa orang sunda tidak bisa mengatakan huruf F atau V. salah satunya karena huruf tersebut memang tidak dikenal dalam aksara sunda (Kaganga) di jaman dulu. Hal ini mungkin menular turun temurun dan menjadi sebuah kebiasaan. Ada tulisan yang sering Irvan Fazalihat yang menempel di kendaraan bermotor yaitu:
Dan ternyata itu benar adanya..


Logat Ngomongnya Itu Khas


Hanya dari logat bicaranya saja orang sunda dapat langsung dikenali. Meskipun berbicara menggunakan bahasa Indonesia orang sunda kadang masih membawa dialek aslinya yang khas dan ‘bergelombang’.
Di sunda sendiri, logat atau nada bicara antara daerah kadang berbeda satu ke daerah lainnya , mereka memiliki intonasi masing-masing yang terdengar lucu dan menggelikan bagi sebagian orang. Intinya memang orang sunda khususnya ASGAR itu lucu-lucu dan menyenangkan. Setuju?

Mempunyai Nama Yang Unik dan Sama

Waktu Irvan Faza SD sampai dengan SMA di kabupaten Garut tercinta ini, pasti minimal ada 3 nama asep di dalam kelas, Asep Badruddin lah, Asep Tomang lah, Asep Guntur lah, Asep Asepudin Safiudin Nasrudin lah.
Kebiasaan orang sunda terutama kolot baheula (orang tua jaman dulu) lebih senang memberi nama anak mereka dengan nama seperti.
“Asep, Dede, Sri … , Jajang, Enjang, Ujang, Aam, Aceng, Ade, Cecep, Dedi, Cecep, Encep, Eneng, Euis, Kokom, Elis.”
yang dikombinasikan dengan akhiran yang sama dengan nama awal seperti.
Asep Surasep,
Dede Sunade,
Cecep Gumasep,
Euis Suherlis.
Karena kebanyakan orang bernama sama di dalam kelas, kadang sang guru menyiasati situasi tersebut dengan mengganti nama akhiran
dengan angka, seperti
Nama Asep Hermawan jadi Asep 1,
Asep Dosol Jadi Asep 2,
Asep Sunandar jadi Asep 3 dan seterusnya.
Bahkan ditempat Irvan Faza kuliah pun ada saja nama-nama seperti yang dipaparkan diatas. Sangat melekat sekali nama-nama tersebut di telinga masyarakat Garut kan?


Orang Sunda (Katanya) Gareulis dan Garanteng


 Dalam bahasa Indonesia artinya Cantik-cantik dan Tampan-tampan, tatar sunda terkenal dengan wanita-wanitanya yang cantik dan kemayu, di sunda sendiri ada istilah mojang priangan yang menggambarkan kecantikan dan karakter wanita sunda.
Kalau kamu sedang mencari pendamping hidup, Main-main laaah ke daerah sunda Khusunya Garut … Insya Allah bertemu jodoh terbaik .. Aamiin bukan hanya Mojang Garut saja yang menarik atau Gareulis, Jajaka Garut nya pun sama menarik dan Garanteng. Ini nih Irvan Faza sebagai contoh dekat sebagai Pria ASGAR. Kasep pisan kan? hahaha

Tekstur Muka yang Khas



Selain dari gaya bicara, orang sunda juga biasanya dapat dikenali langsung dari tekstur muka dan kulitnya, wajahnya yang kalem dengan kulit putih atau sawo matang pas menandakan bahwa orang itu adalah orang sunda pisan.

Kreatif dan Inovatif Pastinya

 
Tengok saja anak-anak muda yang dikenal kreatif dan penuh terobosan, baik dalam bidang seni sampai olahraga. Sebagian dari orang sunda juga dekat dengan alam sehingga mereka terbiasa memanfaatkan benda disekitar menjadi lebih bernilai. Jangan salah, anak muda Garut pun memiliki Potensi,Inovasi,dan Kreativitas kok.

Suka Lalapan dan Sambel (Apalagi Sambel Dadakan)

Pernah berkunjung ke rumah orang sunda? atau makan di restoran sunda?
Jangan aneh bila anda dijamu dengan suguhan lalapan dan sambal. dipadukan dengan goreng tempe, tahu dan menu lainnya. Suasana jamuan akan semakin nikmat, apalagi bila berada di daerah dataran tinggi dengan pemandangan yang menakjubkan.ini kesukaan Irvan Faza makanan yang Nyunda banget, di blogger sebelumnya Irvan Faza pernah mengatakan bahwa Lidah saya tuh Indonesia banget yang maksudnya adalah Nyunda pisannnn

Agamis dan Rajin Shalat, Insya Allah


Memang, beberapa kota di Jawa Barat  Khususnya Garut terkenal religius dengan berbagai pondok pesantren yang bertebaran di setiap sudutnya itulah mengapa di Garut banyak tokoh-tokoh agama. Orang-orang yang berasal dari daerah Garut biasanya memiliki karakter agama yang kuat dan agamis. Nah, yang ini yang harus kita tanamkan dalam hati. Saya Irvan Faza jika pembaca tau, atau pernah melihat dan mendengar di Youtube ataupun Radio Garut yang berjudul “Kang Irvan Deui” sebenarnya di lagu tersebut sudah mewakili karakteristik orang Sunda khususnya ASGAR seperti Irvan Faza ini. Kalo pembaca penasaran, bisa langsung saja buka di youtube dengan kata kunci “Irvan R Faza, Kang Irvan Deui” atau lagu saya ini sering juga diputar di radio. Bisa langsung didengarkan saja dan simak lirik didalamnya ya hehe …

         Itulah tadi karakteristik orang Sunda khususnya masyarakat Garut. Kira-kira bener semua ga? Hehe.. tapi Irvan Faza menekankan bahwa karakteristik yang berimbas positif bagi banyak orang harus dipertahankan, jika berdampak negative kita bisa mengikisnya secara perlahan yaa.. hidup ASGAR!!!


Source: http://salamadian.com/karakter-sifat-kebiasaan-orang-sunda/


IRVAN FAZA GARUT
YOUTUBE:
Irvan Faza Garut

INSTAGRAM:

TWITTER:

FACEBOOK:

Komentar